Belajar Bahasa Asing Sedari Dini

Belajar bahasa asing membuat saya lebih menyadari betapa pentingnya bahasa dalam kehidupan, dalam keluarga, masyarakat, komunitas, bahkan dalam berbangsa dan bernegara. Belajar bahasa asing juga mendukung kita dalam kehidupan di dunia profesional, membuka wawasan dan membuka pikiran – membuat kita open minded. Bahkan, ilmuan Swedia menemukan jika belajar bahasa asing akan membuat ukuran otak kita lebih besar. And afterall, learning new language is fun!

Untuk itu, dalam artikel ini saya ingin sedikit membahas tentang pembelajaran bahasa asing (dalam hal ini Bahasa Inggris) untuk anak-anak. Ya, masa kanak-kanak merupakan tahap dimana seorang manusia sedang mengalami pertumbuhan pesat pada fisiknya termasuk otak. Sehingga, belajar bahasa asing – yang bukan merupakan bahasa ibunya, akan lebih mudah diingat dan dicerna.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengajarkan anak bahasa asing sedari dini:

  1. Ajak anak berbicara dalam Bahasa Inggris sejak saat masih di dalam kandungan

Ini akan membiasakan si anak dengan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Sehingga, ketika lahir dia akan bisa mengenali dan memahasi saat orangtuanya berinteraksi menggunakan bahasa tersebut.

  1. Putarkan lagu-lagu anak-anak ber-Bahasa Inggris

Selain lagu, kita juga bisa memutarkan acara-acara tv dalam Bahasa Inggris, tentu pilih acara tv yang sesuai dengan usia anak.

  1. Gunakan objek sekitar

Kita bisa menggunakan benda-benda di sekitar untuk belajar Bahasa Inggris. Tunjuk benda-benda tersebut dengan menggunakan Bahasa Inggris sehingga anak akan mengerti asosiasi kata dengan maknanya.

  1. Konsisten

Jika dari awal ibu yang mengajarkan Bahasa Inggris, untuk seterusnya anak pun seharusnya belajar dan berbicara bahasa tersebut dengan si ibu. Sementara dengan si ayah, anak bisa belajar Bahasa Indonesia.

  1. Sabar

Mengajarkan bahasa asing memang gampang-gampang susah. Terkadang, anak juga bisa mengalami kebingungan dalam mengucapkan kata-kata baik dalam Bahasa Indonesia atau pun Bahasa Inggris.

Selamat mencoba. Semoga membantu 🙂

1 comments On Belajar Bahasa Asing Sedari Dini

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer