review bolehbaca.com

Udah cukup lama kepikiran untuk jual buku-buku (koleksi pribadi) yang kiranya nggak akan aku baca lagi. Lalu, ketemulah dengan Boba, bukan boba drink lho ya, tapi BolehBaca.com. Terus aku pun sedikit eksplor tentang apa itu Boba, bagaimana sistem ‘kerjanya’, dan fitur apa saja yang mereka punya.

Apa itu BolehBaca.com?

Ini pengalaman perdana buatku menggunakan Bolehbaca.com. Aku belum tahu banyak tentang website ini. Tapi sejauh yang kuketahui, Boba merupakan situs atau semacam startup Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan. Boba juga memiliki beberapa fitur, mulai dari peminjaman buku secara berlangganan, jasa penerjemahan, menyediakan referensi, menyediakan jasa les privat dan tentu saja, jual beli buku. Dan kali ini, aku mencoba fitur jual-belinya terlebih dahulu. Mungkin next time aku akan mencoba meminjam buku dari Boba.

Untuk penjelasan mengenai fitur-fiturnya, akan kuulas di bawah ya.

Bagaimana Cara Menjual Buku di BolehBaca.com?

Boleh Baca
Jual Buku Gratis di BolehBaca.com

Karena ini pertama kalinya aku akan mencoba salah satu fitur di BolehBaca.com, maka kubuat akun terlebih dahulu. Cara pembuatan akunnya mudah kok, semudah bikin akun media sosial yang pastinya teman-teman sudah sering buat. Setelah setup akun selesai, aku ternyata harus verifikasi dengan menyertakan KTP dan SIM/KK/Kartu Mahasiswa dalam bentuk soft file. Tinggal upload saja, selesai. Oh ya, aku pun perlu memasukkan nomor rekeningku (sepertinya ini jika memang akan melakukan peminjaman buku diperlukan). Selanjutnya, aku mencoba input buku-buku yang akan aku jual.

Ada dua buku yang ingin kujual. Mungkin untuk selanjutnya bisa kutambahkan lagi, jika percobaan pertama ini berhasil. Lalu, aku klik halaman input, lalu ketikkan nomor ISBN buku. Sistem di Boba akan mencari buku apa yang dimaksud. Jika sudah ketemu, kita selanjutnya perlu memasukkan beberapa hal seperti status buku baik itu dipinjamkan atau dijual, kondisi buku apakah baru atau bekas, stok buku, berat buku hingga sinopsis buku. Dan yang terakhir, aku juga diharuskan untuk mengunggah foto buku yang hendak aku jual. Lalu selesai, buku yang kujual pun sudah terpampang dan bisa dicari pada halaman pencarian.

 Fitur-fitur yang Ditawarkan BolehBaca.com

Sebagai startup di bidang edukasi, BolehBaca.com ternyata memiliki beberapa fitur yang menurutku sangat menarik, di antaranya Boleh Baca, Boleh Referensi, Boleh Belajar, Boleh Terjemah, dan jual-beli buku baru maupun bekas.

  • Boleh Baca
BolehBaca di Bolehbaca.com
BolehBaca di Bolehbaca.com

Dengan fitur Boleh Baca di Bolehbaca.com, kamu bisa meminjam buku dengan hanya berlangganan mulai dari Rp 12.000 per bulan. Jika ingin bisa menukar buku yang kamu pinjam sepuasnya, kamu juga bisa membeli Paket Premium dengan membayar Rp 25.000 per bulan. Buku-buku yang bisa kamu pinjam beragam, mulai dari fiksi dan non-fiksi, novel maupun buku-buku referensi baik itu berbahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia.

Oh ya, karena ini peminjaman dan ada kemungkinan buku yang dipinjam rusak atau hilang, maka peminjam harus memberikan uang jaminan. Besaran uang jaminan tergantung pada paket yang kamu gunakan. Untuk Paket Regular, uang jaminan hanya Rp 50.000 saja. Sementara untuk Paket Premium, peminjam harus membayar Rp 100.000 sebagai uang jaminan. Dan, uang jaminan ini bisa kamu tarik kembali jika kamu sudah selesai meminjam buku.

Selain buat calon peminjam buku, fitur ini juga cocok buat pengkoleksi buku yang ingin menyediakan jasa peminjaman buku. Selain buku jadi nggak nganggur dan menumpuk, kamu bisa berbagi sekaligus bisa mendapatkan insentif yang lumayan.

  • Boleh Belajar
boleh belajar di bolehbaca.com
Boleh Belajar di Bolehbaca.com

Bagi orangtua yang lagi bingung nyari guru les buat anaknya, bisa banget nih pakai Boleh Belajar di BolehBaca.com. Karena, Boleh Belajar merupakan layanan penyedia pengajar privat untuk TK, SD, SMP dan SMA, dan Umum. Jadi, sangat memudahkan orangtua yang ingin menemukan guru les terbaik buat anak-anaknya. Untuk biaya lesnya mulai Rp 35.000 per pertemuan berdurasi 90 menit.

Oh ya, buat para pengajar juga bisa mendaftar sebagai guru les melalui Boleh Belajar lho.

  • Boleh Terjemah
Boleh Terjemah
Boleh Terjemah di Bolehbaca.com

Boleh Terjemah di BolehBaca.com menyediakan jasa penerjemahan dan jasa proofreading secara online. Jadi, buat yang berencana ingin menerjemahkan berbagai dokumennya, bisa melalui fitur ini. Sementara bagi teman-teman yang ingin menawarkan jasa penerjemahan dan proofreading, bisa banget mendaftar menjadi translator dan proofreader di Boleh Terjemah.

  • Boleh Referensi
boleh referensi di bolehbaca.com
Boleh Referensi di Bolehbaca.com

Lagi nyari referensi buat skripsi atau tesis? Boleh Referensi dari BolehBaca.com menyediakan berbagai referensi dari sumber-sumber terpercaya. Dan selain referensi, melalui fitur ini kita juga bisa mencari tahu info-info tentang beasiswa lho, baik yang dari luar negeri maupun lokal.

BolehBaca.com Menurutku

Setelah mencoba salah satu fiturnya dan sedikit menelisik berbagai fitur lainnya di BolehBaca.com, menurutku situs ini sangat layak dicoba. Bagi pecinta buku, kalian bisa membaca buku dari beragam genre dengan harga terjangkau melalui Boleh Baca. Fitur ini juga bisa digunakan teman-teman yang memiliki koleksi buku banyak untuk meminjamkan bukunya. Jadi selain bisa mendapatkan insentif, kamu juga bisa berbagi dengan orang lain yang ingin membaca buku-bukumu.

Bagi kamu yang mencari jasa penerjemahan atau kamu yang ingin menawarkan jasa penerjemahan dan proofreading, bisa menggunakan Boleh Terjemah. Buat bapak ibu yang mencari guru les professional untuk anak-anaknya, bisa menggunakan Boleh Belajar. Dan, buat kamu mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, bisa menggunakan Boleh Referensi. Ditambah lagi, ada berbagai macam info beasiswa yang mungkin bisa membantu kamu merencanakan studi kamu selanjutnya.

Selain berbagai fitur yang sangat menarik dan membantu, aku ternyata masih menemukan beberapa kekurangan yang tentu saja, masih bisa diperbaiki. Salah satunya, buku yang dipinjamkan belum terlalu lengkap. Misalnya, saat aku mencari buku-buku Charles Bukowski, aku tidak menemukan buku tersebut. Ini bisa jadi karena memang Boba ini masih baru ya, jadi belum banyak juga yang menjadi penyedia buku untuk peminjaman.

Lalu, di fitur Boleh Terjemah juga sepertinya baru menyediakan penerjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, dan sebaliknya (cmiiw, karena belum sempat nyoba tapi sempat buka form pemesanan). Semoga ke depannya bisa menyediakan penerjemahan bahasa-bahasa lainnya.

Satu hal lagi, foto buku yang diupload untuk dijual tampilannya jadi kurang menarik. Foto tersebut terlihat menjadi stretch seperti berikut ini. Ini memang minor sih, cuma bikin kurang eye-catching buat para pembeli.

Contoh tampilan buku yang dijual di Bolehbaca.com
Contoh tampilan buku yang dijual di Bolehbaca.com

Ingin membaca artikel serupa? Klik Pengalaman Beli Buku di Book Depository.

1 thought on “Nyobain Boba di Bidang Edukasi”

  1. Wah, sepertinya menarik. terutama untuk saya yang punya banyak buku tapi juga enggan untuk menjual beberapa diantara mereka. mungkin, mereka bisa lebih bermanfaat untuk orang lain tanpa saya harus kehilangan mereka selamanya. dapat duit pula yak… hehehehe.

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.