Dany bersama rombongannya tiba di Winterfell

Akhirnya, setelah berpuluh purnama berlalu Game of Thrones musim kedelapan tayang juga (haha lebay). Hari Senin (15/4) pukul 08.00 WIB episode 1 tayang dan bikin heboh di orang-orang sekantor. Ada yang langsung nonton, ada juga yang nunggu sampai jam pulang kantor, ada juga yang cari spoilernya di Twitter. Kalau saya termasuk team yang nunggu tayangan ulangnya jam 21.00 WIB di HBO.

Game of Thrones Season 8 episode 1 dibuka dengan adegan seorang anak laki-laki berlarian. Dari area hutan berselimut salju kemudian menuju permukiman Winterfell. Si anak kecil tersebut terlihat sangat penasaran dan ikut bergabung bersama kerumunan melihat rombongan ‘calon’ ratu mereka. Disaksikan rakyat Winterfell, Daenerys dan Jon Snow menunggangi kuda dikawal oleh beregu-regu pasukan Unsullied dan Dothraki. Di belakang terlihat pula The Hound dan Gendry kemudian disusul Tyrion dan Lord Varys. Kedua naga Dany pun terbang di langit Winterfell, mengeggerkan rakyat dan seisinya.

Ada beberapa adegan yang bisa dijadikan highlight dalam episode perdana season terbaru Game of Thrones, berikut di antaranya:

Reuni Keluarga Stark

Tyrion bersama rombongan Daenerys tiba di Winterfell

Setelah sekian lama, setelah banyaknya drama, keluarga Stark akhirnya bisa bersatu kembali. Tidak lengkap memang, namun pertemuan Jon Snow, Bran, Sansa dan Arya menjadi salah satu adegan yang paling dinanti. Terlebih pertemuan Jon dan Arya, jadi salah satu adegan yang mengharukan buat saya.

Sansa Cemburu pada Dany

Dany bersama rombongannya tiba di Winterfell

Kepulangan Jon Snow membawa Daenerys ke Winterfell memicu kecemburuan bagi The now Lady of Winterfell Sansa. Atau, mungkin bisa dibilang juga kalau Sansa sedikit kecewa juga dengan tindakan Jon yang tanpa persetujuannya sudah mengakui Dany sebagai Ratu. Dengan kata lain, Jon telah rela menanggalkan gelarnya sebagai King in The North demi si Ibu Naga.

Sansa: What do dragons eat anyway?

Dany: Whatever they want.

King’s Landing kedatangan pasukan The Golden Company

The Golden Company tiba di King's Landing

Euron Greyjoy membuktikan perkataannya kepada Cersei, dia berhasil mendatangkan pasukan The Golden Company untuk ikut berperang bersama pasukan The King’s Landing. Namun sayang, tidak ada gajah seperti yang seharusnya ada (I heard the book says so).

Membayar jasa Euron, Cersei pun akhirnya menuruti keinginan paman dari Theon ini untuk tidur bersamanya.

Reuni mantan suami-istri, Sansa dan Tyrion

Reuni Sansa dan Tyrion di Winterfell

Nggak hanya hubungan Jon dan Dany, ‘hubungan’ Sansa dan Tyrion juga ikut menarik perhatian di episode perdana season delapan ini. Mantan suami-istri ini akhirnya bertemu kembali setalah lama sekali tak saling tahu kabar satu sama lain. Pembicaraan keduanya tentu saja berpusat pada masa lalu. Tyrion mempertanyakan kepergian Sansa meninggalkannya tepat saat Joffrey mati.

Sebaliknya, Sansa juga mempertanyakan keputusan Tyrion untuk mempercayai saudara perempuannya, Cersei bahwa King’s Landing akan mengirimkan pasukannya ke Utara.

Sansa: I used to think you were the cleverest man alive.

Theon menyelamatkan Yara

Theon berhasil menyelamatkan Yara

Yang hampir kelupaan, Theon muncul di season 8 episode pertama ini dengan adegan (cukup) heroik. Dia bersama pasukannya (yang jumlahnya nggak banyak) berhasil menyelamatkan Yara yang menjadi tahanan Euron. Meskipun kemudian keduanya memutuskan berbeda haluan. Yara menuju Iron Islands untuk merebut kembali rumah mereka, dan Theon ke Winterfell untuk membantu keluarga Stark.

What is dead may never die

Satu hal lagi, kalimat terakhir Yara “kill the bastards anyway” sedikit menggelitik saya. Saya tidak terlalu ngeh dengan siapa “bastards” yang dimaksud Yara. Salah satu ‘bastard’ memang Euron paman sekaligus musuhnya, tapi bastard yang lain?

Jon Snow pertama kali naik naga!

Jon Snow pertama kali mengendarai naga

Melahap 18 kambing dan 11 domba ternyata belum bisa bikin dua ‘anak’ Daenerys kenyang. Kemudian, Dany mengajak Jon mengendarai naganya. Ini jadi momen pertama kali Jon terbang dengan naga. Di sini Jon yang baru kali pertama menunggangi naga terlihat kikuk dan sama sekali nggak cool banget saat menaiki Rhaegal.

Ps. Kenapa Drogon seperti nggak setuju saat Dany dan Jon berciuman?

Itu dia peristiwa-peristiwa penting di Game of Thrones episode perdana di musim terakhir ini. Nggak ketinggalan juga nih, Beric Dondarrion, Tormund dan Edd ‘The Night’s Watch’ dkk ternyata selamat dari serbuan The Night King dan pasukannya. Mereka pun harus mendahului pasukan mayat hidup tersebut untuk menuju Winterfell dan memberi kabar kepada Jon.

Terakhir, episode berdurasi lebih dari 50 menitan ini ditutup dengan tibanya Jaime di Winterfell. Turun dari kudanya, Jaime langsung disambut dengan tatapan Bran.

Baca ulasan lainnya tentang Game of Thrones di Game of Thrones Season 7 Recap.

(Sumber foto: hbogoasia.id)

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.