Review Betterworldbooks

Beberapa minggu yang lalu, saya berbelanja di Betterworldbooks.com. Ini menjadi percobaan pertama saya berbelanja buku dari website luar. Sebelumnya, saya melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu hingga akhirnya mantap dan membeli beberapa buku dari website tersebut.

Ada beberapa alasan sebenarnya yang melatarbelakangi keputusan untuk belanja di Betterworldbooks. Pertama, tentu saja karena harga bukunya yang terbilang murah. Bayangkan saja, buku Noam Chomsky yang dijual (di Indonesia) seharga Rp 319.000,- dan itupun stoknya sudah tidak tersedia, hanya dijual di Betterworldbooks dengan harga US$ 9,98 atau senilai kurang lebih Rp 142.384,- saja dengan kurs saat ini Rp 14.267,-.

Kedua, stok buku di Betterworldbooks ternyata cukup lengkap. Saya misalnya, buku-buku yang ingin saya beli memang kebetulan sulit ditemui di Indonesia, dan tergolong buku-buku jadul sehingga website ini bisa menjadi solusinya. Dengan syarat, kita harus rajin membuka website-nya. Karena terkadang, jika hari ini stok masih tersedia, besoknya bisa sudah kosong dan kembali tersedia dua hari berikutnya.

Ketiga, Betterworldbooks menawarkan banyak promo dan diskon. Dari yang saya amati, website ini sering sekali mengadakan promo seperti promo potongan harga saat event-event tertentu. Seperti 4th of July, Cyber Monday in July, Black Friday, dll.  Website ini juga sering sekali mengadakan clearance sale, dan buku yang dijual bisa hanya US$ 5 saja atau bisa kurang.

Keempat, Free Shipping alias gratis ongkos kirim! Hehe, siapa sih yang belanja nggak senang jika sudah dapat potongan harga dan gratis ongkir pula? Free shipping ini berlaku untuk pengiriman internasional. Jadi, kita nggak perlu pusing memikirkan biaya kirim dari luar negeri yang biasanya lebih mahal ketimbang produk yang dibeli.

Kelima, bisa ikut memberikan sumbangsih bagi dunia literasi dan pendidikan. Untuk setiap buku yang kita beli di Betterworldbooks, akan ada juga satu buku yang disumbangkan bagi mereka yang membutuhkan.

Keenam, Betterworldbooks tidak hanya berfokus pada aspek komersial. Menurut saya, mereka yang berada di dalam Betterworldbooks betul-betul memiliki passion akan dunia literasi.

Ketujuh, proses yang nggak ribet. Jujur, ini pertama kali saya membeli buku atau barang dari website luar negeri. Dan ternyata, proses dari mulai pencarian produk, memasukannya ke keranjang belanja, pembayaran lalu akhirnya pengiriman sangatlah mudah. Seperti halnya saat kita belanja di e-commerce lokal. Semudah itu.

Kedelapan, Betterworldbooks menawarkan buku bekas dengan kondisi masih oke. Dulu saya pernah berpikir bahwa saya hanya akan membeli buku-buku baru. Setelah mengetahui keberadaan si website ini, ternyata saya sangat tertarik. Apalagi dari review-review yang sudah ada, saya pun mengetahui jika buku-buku second yang dijual dalam kondisi layak dan cenderung mulus seperti baru. Beberapa di antaranya bahkan sangat terjaga dengan diberi sampul plastik. Sebagai informasi, buku-buku bekas yang dijual di sini merupakan buku-buku bekas perpusatakaan, dan beberapa juga merupakan bekas pakai pribadi. Pihak Betterworldbooks melakukan proses sortir terlebih dahulu terhadap buku-buku yang masuk dan yang nantinya akan dijual.

Betterworldbooks juga mengklaim jika tidak pernah ada buku yang mereka buang, serusak atau setidak layak apapun kondisi buku tersebut. Dan terhadap buku-buku yang tidak layak tersebut, mereka melakukan daur ulang.

Step by Step Membeli Buku di Betterworldbooks

Pertama, langsung kunjungi websitenya; betterworldbooks.com. Akan tampil halaman seperti ini, dan kamu bisa langsung mengetikkan buku yang kamu cari pada kolom Search.

Halaman Muka Betterworldbooks.com

Setelah memasukan kata kunci pencarian, akan muncul beberapa opsi. Pilih sesuai dengan keinginanmu. Oh ya, ada keterangan Used Good, dan Used Very Good. Used good biasanya untuk kondisi buku yang masih bagus dan layak namun memiliki sedikit cacat bekas pemakaian seperti coretan pulpen. Untuk Used Very Good berarti buku tersebut masih mulus dan minim sekali tanda pemakaian bahkan cenderung seperti masih baru.

Hasil pencarian

Selanjutnya, klik bagian Cart untuk melihat Order Summary dan selanjutnya diarahkan ke proses Checkout. Oh ya, jika ada kupon (bisa kamu cari di halaman awal website), kamu bisa memasukannya di kolom coupon. Lumayan lho untuk tambahan diskon.

Order Summary

Kemudian, klik Proceed to checkout. Nah, masukan alamat pengiriman. Setelah itu, klik Continue.

Alamat pengiriman

Untuk pengiriman internasional, hanya tersedia Free Shipping dengan lama pengiriman 10 hingga 21 hari kerja.

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran. Ada tiga pilihan pembayaran, Kartu Kredit (Debit juga bisa tapi yang sudah VISA), PayPal dan Gift Certificate. Saya menggunakan kartu kredit VISA. Oh ya, jangan lupa masukan Billing Address-nya. Lalu, Place Order. Selesai.

Proses pembayaran

Setelah Place Order beberapa saat kemudian kamu akan menerima email konfirmasi order dengan subjek “Your Order from Betterworldbooks.com”

Email konfirmasi pesanan

Dua hari setelahnya, kamu akan menerima email lagi. Kali ini, email yang menginformasikan jika buku yang dipesan sudah dikirimkan. Email ini bersubjek “Your Better World Books Order (nomor order) Has Shipped! Dan, isi emailnya heartwarming banget lho.

Email konfirmasi pengiriman

Lucu kan?

Berikut hasil berburu saya di Betterworldbooks. Saya pesan pada tanggal 11 Juli 2019, tanggal 13 dikirimkan dari kantor mereka di Mishawaka, Indiana, US. Dan, tanggal 5 Agustus sudah sampai.

Buku yang dibeli di Betterworldbooks.com
Buku yang dibeli di Betterworldbooks.com

Review Betterworldbooks secara keseluruhan. Belanja di website ini menjadi pengalaman menyenangkan. Saya juga puas dengan kondisi buku yang beli. Meskipun bekas, ternyata masih sangat-sangat oke kondisinya. Belanja di sini, prosesnya pun mudah dari mulai pencarian, pembayaran hingga pengiriman. Tentu bakalan order lagi di sini, mungkin nanti nunggu ada sale gede-gedean.

Note:

  1. Buat yang bingung cara pembayaran (nggak punya CC misalnya), bisa lho pakai Jenius VISA. Proses apply-nya juga mudah. Dan bisa langsung jadi.
  2. Di kolom alamat pengiriman tidak tertera nomor handphone si penerima. Jadi jangan kaget ya. Hehe.
  3. Jika barang sudah sampai di Indonesia, maka Pos Indonesia nanti yang akan mengirimkan ke alamat tujuan.
  4. Betterworldbooks punya dua kantor yakni di Indiana, US dan di London, Inggris. Dari info yang saya dapat katanya shipping dari London bisa lebih cepat sedangkan jika dari Indiana bisa lebih dari 3 minggu.
  5. Tidak ada nomor tracking pengiriman untuk pengiriman internasional.

Ingin baca artikel serupa? Klik Worth-it Nggak Sih Datang dan Beli Buku di Big Bad Wolf Indonesia 2019?

1 thought on “Review Betterworldbooks: Murah, Mudah dan Gratis Ongkir”

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.