The Luminaries, Eleanor Catton

The Luminaries karangan Eleanor Catton adalah buku yang sudah sangat lama sekali ingin saya baca. Pemenang The Booker Prize 2013, dan sudah lama wara-wiri di timeline Instagram dan pikiran saya. Ahaa.

Akhir 2019 saya akhirnya pesan dari Better World Book dan hampir gagal mendapatkannya — karena tiba lama sekali dari yang diprediksi, meski akhirnya buku tersebut saya terima dan senangnya bukan kepalang.

The Luminaries terdiri dari lebih dari 800 halaman, dan dengan besar dan tebalnya buku ini sempat membuat saya merasa terintimidasi awalnya. Apalagi setelah membaca beberapa halaman, ternyata pemilihan kata dan gaya penulisannya lumayan susah dipahami sekaligus kurang enak dinikmati. Namun, saya tetap meneruskan membaca dan baru setelah lebih dari 10 halaman saya akhirnya bisa mulai mengikuti dan memahami ceritanya.

Tidak sampai di situ ternyata, di beberapa halaman selanjutnya saya juga sempat merasa ingin ‘nyerah’ namun urung karena sepertinya keinginan dan rasa penasaran yang kuat mengalahkan perasaan bosan dan lain sebagainya.

Di balik gaya penulisan dan diksi yang agak menyulitkan, cerita dan alurnya nggak bisa begitu saja saya abaikan. The Luminaries menceritakan seorang pelancong bernama Walter Moody yang baru tiba di Selandia Baru, tepatnya di Hokitika. Moody kemudian baru menyadari jika para lekaki di kota itu tengan dipusingkan dengan misteri; kematian seorang pertapa tukang mabuk di gubuknya, orang terkaya yang tiba-tiba mengilang tanpa jejak, dan seorang pelacur yang hampir bunuh diri.

Dari segi cerita, buku ini sangat menarik dan luar biasa bikin penasaran. Namun tokoh-tokohnya yang cukup banyak bikin pengembangan karakternya jadi kurang. Selain itu, tokoh yang banyak ini dengan latar belakang cerita yang dibawa oleh masing-masing cukup menantang daya ingat. Saya bisa menghafal tokoh-tokoh dan kisah yang dibawanya untuk kemudian bisa memahami keseluruhan ceritanya.

Kutipan Favorit:

Love cannot be reduced to a catalogue of reasons why, and a catalogue of reasons cannot be put together into love.

The Luminaries

3,5/5★

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.