Yusi Avianto Pareanom, saya tergolong pembaca yang masih awam akan nama itu. Dan, ini membuat saya sedikit menyesal kenapa tidak mengenal beliau lebih awal. Padahal karyanya sudah melanglang buana, bahkan beberapa orang bilang Muslihat Musang Emas adalah mahakarya-nya.

Dibuka dengan cerita Muslihat Musang Emas & Elena, buku kumpulan cerpen ini membuat saya langsung jatuh cinta. Dan dari keseluruh 21 ceritanya, tak ada yang tidak menarik. Semuanya unik dan ajaib menawarkan rasa yang berbeda. Senang, tertawa, sedih, marah, jengkel bahkan di beberapa bagian benar-benar bikin saya terbawa emosinya, dalam.

Di bagian awal, buku ini bercerita tentang  perjalanan tiga sekawan yang mencari peruntungan ‘asmara’. Bergonta-ganti pasangan hingga ke sekian kali hanya untuk memperoleh kenikmatan sesaat. Sampai akhirnya jenuh, dan salah satu di antaranya ternyata malah jatuh cinta kepada seorang transgender, Elena.

Dari sini saja ceritanya sudah luar biasa. Dan benar saja, hingga seterusnya cerita terus diwarnai beragam tema. Mulai dari urusan seks, kriminal, konflik rumah tangga, sentilan politik hingga cerita keseharian seseorang yang sebenarnya biasa tapi dibawakan Om Yusi menjadi istimewa.

Gaya bahasa dan diksi yang dipilih Om Yusi dalam Muslihat Musang Emas ini mudah dicerna. Jadi, akan dengan mudah kita memahami alur ceritanya.

Membaca buku ini, saya seperti sedang didongengi dengan cerita-cerita yang sebenarnya sedikit mustahil untuk terjadi. Tetapi berlanjut, cerita semakin menarik dan membuat kita justru bertambah penasaran.

Cerita favorit saya sendiri adalah b.u.d., tentang seorang bernama Budi yang hobi mencari paleandrom. Kesukaannya tersebut ia bawa hingga dewasa, bahkan mempertemukannya dengan jodohnya.  Sayangnya, sang ayah tidak merestui hubungan tersebut karena sang calon istri Budi memiliki keyakinan yang berbeda. Alih-alih cerita diakhiri dengan hal-hal klise, sebaliknya cerita ditutup dengan cerita yang begitu menyentuh, sweet dan indah.Saya tertawa, sedih, menangis, marah dan merasa berbagai perasaan lainnya saat membaca kisah-kisah dalam buku ini. Terakhir, saya merekomendasikan buku ini. Saya jamin, buku ini akan membuat Anda berdecak kagum karenanya.

(4,7/5)

Want to read more like this? Check out Lelaki Harimau.

1 thought on “Muslihat Musang Emas”

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.