Berlatar tahun 1920-an, The Danish Girl diangkat dari kisah nyata tentang seorang pionir transgender. Lili Elbe (Eddie Redmayne) lahir sebagai seorang laki-laki bernama Einar Wegener, namun lambat laun merasa ia terperangkap dalam tubuh yang salah. Ingin memperbaiki kondisinya, ia pun berkonsultasi ke dokter maupun psikiater. Bukannya menjadikan ia lebih baik, justru mereka semakin memperburuk keadaan. Einar a.k.a Lili putus asa. Sampai akhirnya ia dipertemukan dengan dokter, Dr Warnekros (Sebastian Koch).

Di sisi lain, Einar sebenarnya sudahlah beristri. Bersama istrinya Gerda Wegener (Alicia Vikander), ia memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia. Keduanya adalah seorang pelukis, sementara Gerda masih belum terlalu sukses dengan lukisan-lukisan portrait-nya, Einar sudah dikenal dengan karya-karya landskap yang luar biasa.

Yang saya lihat di film ini, Tom Hooper begitu menekankan akting-akting pemainnya. Dan – terutama Redmayne dan Alicia Vikander, menyuguhkan akting yang begitu apik dengan karakter tokoh yang kuat. Terlebih di sini Redmayne juga memerankan tokoh cross-gender. Bagaimana ia awalnya belajar menjadi Lili, gerak tubuh lemah gemulai, cara berbicara yang halus dan lain sebagainya benar-benar menyakinkan.

Tak kalah dengan aktor yang sempat sukses dengan peran Stephen Hawking-nya, Vikander pun sama menawannya. Dalam The Danish Girl, Vikander a.k.a Gerda menjadi penggambaran wanita yang kuat. Selain Einar yang sedang bimbang dalam pencarian jati diri, Gerda sendiri sedang berjuang dengan karirnya. Ditambah dengan patah hati yang ia rasakan karena sang suami ‘hilang’ berganti menjadi Lili.

Sinopsis

Einar dan Gerda Wegener hidup dalam rumah tangga yang bahagia. Einar merupakan pelukis landskap ternama, sementara Gerda masih bergelut dengan lukisan-lukisan portraitnya. Sampai pada suatu hari, Ulla (Amber Heard) telat datang untuk ia lukis. Gerda memutuskan untuk meminta suaminya berdandan a la perempuan dan Einar pun menyetujuinya. Dari titik inilah, kehidupan rumah tangga keduanya mulai berubah. Einar merasa nyaman berdandan dan berpakaian layaknya perempuan, sementara Gerda terus bertanya-tanya apa yang salah dengan diri suaminya tercinta.

(3/5)

Want to read more like this? Check out Moonlight.

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.