The Goldfinch by Donna Tart

Butuh waktu 1 bulan lebih rupanya buat menyelesaikan The Goldfinch by Donna Tartt. Ada beberapa hal yang bikin saya kurang tergila-gila sama buku ini. Padahal, ini salah satu buku rekomendasi Goodreads yang layak banget buat dibaca.

Pertama, The Goldfinch ini genre-nya sastra. Salah satu faktor yang bikin buku ini agak membosankan ya sepertinya karena nyastra-nya ini, sedikit banyak. Karena, ini juga berpengaruh sama gaya penulisan Tartt dalam buku ini. Well, terlalu panjang lebar menurut saya. Jadi, misalkan mau ke poin A tapi lewat B C D E F sampai lupa tadi mau ke poin A.

Kedua, ekspektasi saya sejujurnya besar banget untuk buku setebal 900-an halaman ini. Baca excerpt-nya menarik pula, bikin penasaran luar biasa tentunya. Namun sayang, setelah dibaca sampai selesai ternyata kok excerpt-nya kurang sesuai ya dengan isi ceritanya. Karena, saya menunggu betul alur di excerpt tersebut menjadi inti cerita, namun ternyata NO. Kisahnya masih mengular, menjalar kemana-mana dan tadi, kurang to the poin

Ketiga, berating tinggi dan banyak direkomendasikan, buku ini menurut saya terlalu overrated. Atau mungkin, it’s just not my kind of read. Terlebih dengan review yang sudah sedemikian rupa ‘mengundang’ nya, saya kira this book is way far from meeting my expectation.

Sedikit ringkasan The Goldfinch review, buku yang rilis pada tahun 2013 ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Theodore Decker. Dia kehilangan ibunya saat berusia 13 tahun akibat tragedi mengerikan. Hal tersebut juga menjadi perbincangan dan mengundang simpati banyak orang. Sedangkan ayahnya menghilang entah kemana sebelum ibunya meninggal. Tak ada siapa-siapa lagi, Theo akhirnya hidup sementara di rumah seorang teman, Andy Barbour dan keluarganya. Di tengah keluarga Barbour yang kaya raya, Andy seolah terasing sekaligus belajar membaur dengan mereka.

Want to read more like this? Go check out Waiting by Ha Jin.

1 thought on “The Goldfinch by Donna Tartt”

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.