tips membaca novel bahasa inggris

Buku itu jendela dunia. Banyak baca buku berarti kita banyak dibawa ke belahan-belahan dunia baru. Wawasan baru dan cara pandang kita terhadap dunia pun diperluas. Apalagi kalau bacanya nggak hanya buku-buku lokal, tapi juga buku-buku dari penulis luar. Lebih asik, dan pastinya ilmu dan perspektif yang kita dapat nggak itu-itu saja.

Sayangnya, kadang buku-buku oke dari penulis luar belum juga diterjemahin ke Bahasa Indonesia. Nunggu terjemahan lama, tapi temen-temen udah banyak rekomendasiin buku tersebut. Galau, ngerasa ketinggalan, atau bahkan jadi bikin kamu males baca buku yang lainnya?

Jangan dong ya. Walaupun kemampuan Bahasa Inggris kamu masih level pemula, tapi kamu tetap bisa baca buku Berbahasa Inggris loh. Jadi, nggak perlu berkecil hati. Ada beberapa tips nih yang bisa kamu coba agar kemampuan Bahasa Inggris kamu khususnya dalam membaca bisa lebih sempurna. Check these out:

Coba membaca buku Berbahasa Inggris dengan diksi sederhana

Buku-buku dongeng atau novel-novel klasik yang tipis atau buku-buku YA (Young Adult) bisa menjadi langkah awal untuk belajar membaca buku-buku berbahasa Inggris. The Old Man and The Sea karya Ernest Hemingway atau Animal Farm-nya George Orwell bisa menjadi referensi membaca kamu sebagai pemula dalam Bahasa Inggris. Kalau mau buku yang agak kekinian, kamu bisa membaca seri Mortal Instruments-nya Cassandra Clare. Gaya penulisannya sederhana, mudah dimengerti dan jarang banget ada kata-kata yang sulit.

Hindari mengecek kamus saat membaca

Satu hal yang mungkin sering kamu lakukan sebagai pemula saat membaca buku Bahasa Inggris adalah, nyiapin kamus dan membukanya tiap ada kata yang sulit. Percaya deh, ini justru akan bikin kamu males baca dan akhirnya malah nggak semangat buat baca buku-buku Bahasa Inggris yang lainnya.

Saran saya, lebih baik kamu sediakan pensil sebelum mulai membaca. Saat membaca dan kamu menemukan kata yang nggak kamu paham, kamu beri garis atau tandai dulu tapi tidak perlu langsung melihat artinya di kamus. Di sini, yang penting kamu sudah paham konteks kalimatnya. Atau, kamu sama sekali nggak paham konteksnya? Skip. Pindah ke kalimat selanjutnya.

Bikin catatan vocab sulit

Seperti saya sudah sebutkan, saat membaca dan kamu nemuin kata-kata yang nggak dimengerti, kamu kasih tanda atau highlight. Nah, selesai membaca kamu bisa catat kata-kata tadi. Kalau saya sendiri, saya catat langsung biasanya di Note di handphone. Nanti kalau misal sudah sempat, saya cari satu per satu maknanya. Kadang, kalau emang lagi gabut banget, sampai saya cari thesaurusnya sampai ke antonimnya juga malah.

Oh ya, saran saya (lagi) jangan cuma cari artinya dalam Bahasa Inggris saja. Sekali-kali, pakai juga kamus macam Oxford atau Merriam Webster untuk cari arti kata-kata yang sulit tadi. Nanti di catatan kamu, kamu masukin juga arti kata tersebut dalam penjelasan Bahasa Inggris. Ini bakalan bikin kamu terus ngembangin perbendaharaan katamu dalam Bahasa Inggris.

Bikin review

Selesai membaca buku Bahasa Inggris, tulislah reviewnya dalam Bahasa Inggris. Kalau kamu pengguna media sosial, kamu bisa banget tulis reviewnya di caption. Dengan begitu, Bahasa Inggris kamu akan terus berkembang. Selain itu juga kamu bisa sharing review buku dengan teman-teman kamu, dan bisa jadi di sini kamu bisa diskusi lebih jauh dengan para penyuka buku tersebut yang pastinya nggak cuma dari Indonesia aja.

Menurut pengalaman, saya sendiri sering sharing konten review buku di Instagram dan nggak sedikit orang-orang luar yang ikut komentar. Entah sekadar basa-basi minta follow hingga yang benar-benar pernah baca buku dan ngungkapin pendapatnya soal buku tersebut.

Terus semangat belajar

Saat belajar, banyak juga orang yang berhenti di tengah jalan karena menemukan kesulitan yang mereka nggak bisa pecahkan. Di sini komitmen dan semangat kamu akan diuji. Tapi, percayalah semua akan bisa kamu lewati. Dan, yakin deh Bahasa Inggris itu nggak sesulit yang kamu bayangkan. Bahkan menurut saya, di antara bahasa-bahasa lain Bahasa Inggrislah yang paling mudah untuk dipelajari. (Ps. Saya pernah belajar Bahasa Perancis dan Bahasa Jepang, sekarang sedang belajar Bahasa Spanyol).

Tertarik membaca artikel lainnya? Klik Belajar Bahasa Asing Sedari Dini.

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.