Trip Singkat ke Museum Gajah

Hampir dua tahun lamanya di Jakarta, saya selalu ingin mengunjungi salah satu museum yang terletak di Jakarta Pusat ini. Museum Nasional atau sering disebut Museum Gajah namanya. Dinamai demikian karena terdapat patung gajah di depan museum ini. Dan akhirnya, sekitar satu bulan lalu saya – well, ber-berempat, mengunjungi museum yang letaknya tidak jauh dari Tugu Monas ini.

Siang itu, Senin (10/4/2017), teriknya matahari tidak menghalangi niat kami untuk bertamasya. Menuju Halte Busway Blok M, kami menggunakan Go-Car. Sesampainya di halte, kami pun menunggu Transjakarta koridor 1, Blok M tujuan Kota. Selanjutnya, kami turun di Halte Monas. Dari halte, Museum Nasional bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Bahkan, museum ini juga sudah dapat terlihat. Hanya perlu menyebrang beberapa langkah untuk sampai di pintu masuknya.

Sayangnya, pada saat itu salah satu gedung dari museum ini sedang dalam proses renovasi (my bad, forgot the name of the building). Sehingga, para pengunjung hanya diijinkan memasuki salah satu sisi saja. Kami pun membeli karcis masuk. Harganya karcisnya hanya Rp 5.000,00 saja. Murah meriah dan sangat cocok untuk wisata bersama keluarga sekaligus sebagai sarana belajar dan menambah pengetahuan.

Dan… tiba waktunya memasuki museum. Pertama, kami mengunjungi pameran seni mahasiswa Universitas Indonesia (UI). Ada berbagai diorama dan miniatur rumah-rumahadat yang dihuni suku-suku pedalaman di Indonesia. Unik. Bisa dilihat di foto-foto di bawah ini.

Setelah puas menikmati seni karya anak-anak UI, kami memutuskan melihat koleksi purbakala museum yang katanya terbesar di Asia Tenggara ini. Ratusan ribu jumlahnya, fosil hewan-hewan purba, prasasti-prasasti peninggalan jaman kerajaan hingga teknologi yang digunakan terpajang rapi – I was in awe with mind full of curiousity. These are just a few of them.

Usai puas mengambil gambar, kami pun akhirnya memutuskan untuk menyudahi wisata di Museum Gajah ini. FYI, museum ini tutup pada jam 4 di hari-hari biasa dan jam 5 di akhir pekan.

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Site Footer