Hasil Perburuan di Big Bad Wolf Jakarta 2019

Sudah 3 tahun ini saya selalu menunggu-nunggu event Comic Con versi buku, Big Bad Wolf Jakarta 2019. Begitulah saya menjuluki pameran ini. Ya, Big Bad Wolf adalah pameran buku terbesar di dunia ini yang menurut saya kemeriahannya hampir setara dengan acara di Comic Con di Amerika sana. Bayangkan saja, jutaan buku tersedia dibandrol setengah harga, serta pengunjungnya ribuan orang. Epic banget sih.

Jujur, awalnya saya ragu datang ke BBW. Saya pikir buku-buku yang di jual di sini adalah buku-buku yang nggak menarik dan karenanya jarang dilirik. Sehingga, akhirnya buku-buku ini dijual murah biar laku. Dan, saya salah. Ada beragam buku dari berbagai genre. Fiksi, nonfiksi, hingga buku anak-anak tersedia di sini. Tidak hanya itu, ada juga buku-buku berbahasa Indonesia baik fiksi maupun non-fiksi. Dan, buku-buku yang dijual di sini ternyata bukanlah buku ecek-ecek seperti yang saya kira sebelumnya. Karena biasanya, di pameran-pameran buku yang saya temukan kebanyakan buku-buku yang tidak menarik sama sekali.

Big Bad Wolf Jakarta dari Tahun ke Tahun

Oke, tentang Big Bad Wolf khususnya Jakarta dari tahun ke tahun kalau menurut saya sih tidak ada perubahan signifikan ya. Dari teknis proses berburu buku hingga pembelian, hampir mirip dengan BBW di tahun sebelumnya.

Saya sendiri mulai datang ke BBW Jakarta di tahun 2017. Memutuskan untuk akhirnya mengunjungi pameran buku yang berlokasi di ICE BSD Tangerang ini karena melihat Instagram Story teman-teman, Big Bad Wolf Instagram maupun public figure yang sudah datang ke sini. Nggak bisa nggak datang, saya pikir. Dan, datanglah saya ke BBW Jakarta tahun 2017. Dulu, saya hanya mendapatkan beberapa buku saja, dan dua di antaranya masih belum saya baca sampai sekarang. Di sini mungkin bukan soal bukunya yang kurang lengkap ya, melainkan kemampuan berburu saya yang belum berpengalaman. Sehingga, saya hanya melihat buku yang itu-itu saja.

Di tahun kedua saya datang ke BBW, saya mulai menyiapkan wishlist. Dari sini, saya bisa tahu buku-buku apa saja yang akan saya beli. Jikalau tidak ada, saya memutuskan untuk membeli buku-buku dengan genre serupa dan tema yang mendekati. Di BBW Jakarta 2018 pun, saya berhasil membawa pulang buku-buku yang jauh lebih menarik daripada di BBW tahun sebelumnya.

Kemudian di Big Bad Wolf 2019 Jakarta, saya tidak menyiapkan wishlist khusus untuk acara ini. Tetapi, saya memang sudah punya wishlist untuk buku-buku yang ingin saya beli. Ini ternyata sangat-sangat membantu saya saat berburu di BBW. Terlebih, di wishlist berisi semua buku yang ingin saya miliki sehingga saat menemukan buku-buku ini di sini bikin luar biasa senengnya.

Singkat cerita, di BBW kali ini saya puas banget dan buku yang saya dapatkan benar-benar merupakan buku yang sudah lama saya idam-idamkan. Ini dia Big Bad Wolf 2019 book list yang saya dapat:

  1. Diary of A Young Girl – Anne Frank
  2. A Midsummer’s Equation – Keigo Higashino
  3. Us Against You – Fredrik Backman
  4. The Diabolic – S.J. Kincaid
  5. Hunger – Roxane Gay
  6. The God Delusion – Richard Dawkins
  7. Wuthering Heights – Virginia Woolf
  8. Brit-Marie Was Here – Fredrik Backman
  9. Tulip Fever – Deborah Moggach
  10. Modern Lovers – Emma Straub
  11. Black Moon – Kenneth Calhoun
  12. A Step Towards Falling – Cammie McGovern
  13. The Next Fifty Years – John Brockman
  14. Wolf Hollow – Lauren Wolk

Buat saya, BBW Jakarta merupakan event tahunan yang sayang banget untuk dilewatkan. Serius! Apalagi buat kamu-kamu pecinta buku. Nyesel abis kalau sampai nggak datang ke acara ini. Ada jutaan buku, fiksi dan non-fiksi, dari sastra, romansa sampai biografi dan sejarah. Semua ada. Bahkan, buku anak-anak juga tersedia dan pilihannya sangat beragam.

Yang Perlu Kamu Tahu

Buku-buku yang dijual di BBW Jakarta 2019 merupakan buku-buku keluaran tahun-tahun sebelumnya. Yep, sejauh ini begitulah kesimpulan saya mengenai buku-buku yang bisa kita temukan di sarang serigala ini. Tidak ditemukan buku-buku terbaru atau buku-buku (super) best-seller seperti karya-karya Haruki Murakami, misalnya. Atau, ada yang nemu?

Tapi tenang, masih ada buanyak pilihan lain yang bisa kamu borong dan pasti bisa mengobati hasrat kamu untuk ‘melahap’ buku. Jadi, datang saja dan dijamin ada banyak pilihan di depan mata.

Selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat datang ke BBW. Pertama, budget. Ini penting banget sih agar kamu bisa punya perhitungan sebelumnya sehingga nggak ada rasa sesal setelah datang dan menghabiskan uangmu di sini. Kalau saran saya, nabung deh jauh-jauh hari sebelumnya. Makin banyak dananya makin bagus. Karena, ini event hanya ada satu tahun sekali – kecuali kamu mau datang juga ke Big Bad Wolf Surabaya atau Makassar dan kota-kota lainnya. Jadi, persiapkan budget! Sayang banget kalau kamu datang ke sini dan hanya membeli satu atau dua buku saja. Buku impor dengan diskon 60 – 80 persen, kapan lagi?

Selanjutnya, jadilah member. Untuk mendaftar keanggotaan BBW ini GRATIS, lho! Kamu tinggal daftar di website-nya, lewat mbak-mas Customer Service atau saat di kasir. Keuntungan jadi member? Kamu bisa dapat diskon tambahan!

Lalu, sistem pembayaran. Bank yang kerjasama dengan BBW di tahun-tahun lalu berbeda dengan tahun 2019 ini. Jadi, akan lebih baik kamu memiliki kartu ATM bank yang menjadi sponsor BBW. Ini juga akan nambah keuntungan buat kamu. Selain dapat diskon lagi, kamu juga bisa dapat buku gratis. Plus, pengalaman di BBW Jakarta tahun ini, pembayaran di food court nggak bisa pakai cash. Jadi, semua transaksi di food court harus menggunakan produk-produk dari bank yang bersangkutan. So, be prepared.

Good news! Barusan baca di Instagram BBW Indonesia kalau mereka tahun ini akan menggelar Big Bad Wolf Bandung, lho.

Want to read more like this one? Go check out Pengalaman Kedua Berburu di Big Bad Wolf.

Your Thoughts?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.